Home Internasional Badai Meluas, Keselamatan 80 Juta Warga AS Terancam

Badai Meluas, Keselamatan 80 Juta Warga AS Terancam

9
0
SHARE
Badai Meluas, Keselamatan 80 Juta Warga AS Terancam

Keterangan Gambar : Angin Tornado telah lebih dulu menyerang wilayah Texas, Amerika Serikat

Detikone.com -- Badai yang menewaskan sedikitnya dua orang di Texas dan satu di Louisiana melintasi garis negara bagian Mississippi / Alabama pada Minggu (14/4) dini. Risiko dari angin tornado yang kuat dan hujan es pun berpindah ke sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNN, ancaman cuaca yang parah pada Sabtu dan Minggu menempatkan hampir 100 juta orang Amerika pada risiko badai berbahaya, tornado, hujan es dan angin kencang. Pada hari Minggu, jumlah orang-orang yang berisiko akibat badai telah turun menjadi 80 juta.

"Seluruh sistem memperlihatkan badai bergerak ke timur. New York, Washington DC, dan Atlanta semuanya berada dalam zona (bahaya) tersebut. Risiko terbesar di dekat Lembah Sungai Ohio dan S. Appalachia," ujar Meteorolog CNN, Derek Van Damm.

Van Damm menjelaskan angin Tornado yang kemungkinan datang sepaket dengan badai menimbulkan risiko yang signifikan karena sulit dilihat dan orang-orang cenderung menerima peringatan saat mereka tidur.

"Badai di dekat Pangkalan Angkatan Udara Columbus di Mississippi memiliki potensi tanda "bola puing" pada radar, yang menunjukkan potensi kerusakan tornado yang signifikan yang dapat dideteksi oleh radar," jelasnya.

Pusat Prediksi Badai AS telah meningkatkan level risiko dari 3 ke 5, dengan proyeksi badai akan melewai wilayah Alabama timur melalui Appalachian selatan dan ke Lembah Ohio. Badai akan mulai melewati wilayah-wilayah tersebut mulai Minggu pagi hingga sore.

Ancaman cuaca buruk pun diperkirakan akan meningkat sepanjang hari.

"Potensi badai besar yang meluas pada Minggu di sebagian besar AS Timur. Angin yang merusak diperkirakan menjadi ancaman utama, tetapi beberapa tornado juga mungkin terjadi. Beberapa badai juga dapat menghasilkan hujan es besar atau hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir bandang di wilayah setempat," tulis akun resmi layanan cuaca nasional AS di Twitter.

Wilayah Texs telah lebih dulu merasakan badai yang berbahaya pada Sabtu (134). Dua orang anak berusia 3 tahun dan 9 tahun meninggal ketika sebuah pohon tumbang dan menimpa mobil yang ditumpangi mereka. Kedua anak tersebut saat itu duduk di kursi belakang, sedangkan kedua orang tuanya duduk di kursi depan.

Ahli meteorologi CNN Chad Myers mengatakan udara hangat yang terasa pada Sabtu sore meningkatkan ketidakstabilan atmosfer dan menciptakan lebih banyak energi bagi badai.

Dia mengatakan ancaman untuk cuaca buruk adalah yang terbesar pada saat-saat seperti itu tetapi risiko tetap ada bahkan setelah suhu hangat turun.

Badan Manajemen Darurat Mississippi memperingatkan tornado yang dikonfirmasi sekitar Sabtu malam.

"Sebuah tornado besar dan sangat berbahaya terletak di dekat Longview, atau dekat Starkville, bergerak ke timur laut dengan kecepatan 35 mph. Ini adalah situasi yang sangat berbahaya. Berlindung sekarang!" tulis badan tersebut dalam akun resminya di Twitter.

Ada beberapa kematian yang dikonfirmasi dan beberapa cedera di Monroe County akibat cuaca buruk dalam semalam, Badan Manajemen Darurat Mississippi mengatakan tanpa memberikan rincian tambahan.

Polisi di Kabupaten Monroe sebelumnya menggambarkan kehancuran akibat badai Sabtu malam."Sepertinya badai datang melalui Louisiana dan ke Mississippi dan meledak di Monroe County," kata Sheriff County Monroe Cecil Cantrell. CInd