Home Kesehatan 8 Manfaat Susu Kayu Manis

8 Manfaat Susu Kayu Manis

136
0
SHARE
8 Manfaat Susu Kayu Manis

Keterangan Gambar : Susu dengan kayu manis.

Detikone.com, JAKARTA -- Saat mendengar kata kayu manis yang terpikirkan adalah rasa yang manis dan aroma kayu yang keluar. Kayu manis adalah rempah yang dihasilkan dari bagian dalam kulit kayuCinnamomum verum.

Kayu manis kaya akan sumber antioksidan, antimikroba dan antiradang, dan senyawa baik lainnya. Hal ini menjadikan kayu manis sebagai salah satu rempah terbaik di dunia.

Susu kayu manis sederhananya adalah mencampurkan kayu manis ke dalam susu. Di India, susu kayu manis digunakan mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, kayu manis memperkaya rasa dari susu.

Dilansir di Boldsky, kayu manis kaya akan kandungan kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan vitamin A. Susu memiliki kalsium, magnesium, conalamin, potasium, sodium, dan karbohidrat. Menambah sedikit kayu manis ke dalam makanan atau minuman bukan hanya memperkaya rasa, tapi juga menambah nutrisi untuk kesehatan. Berikut ini manfaat mengonsumsi susu kayu manis.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Kayu manis mengandung minyak esensial yang bisa melindungi mulut dari bakteri penyebab bau mulut, kerusakan pada gigi dan rongga, dan juga infeksi mulut. Berdasarkan studi, minyak esensial memiliki antibakterial yang bisa melawan bakteri jahat yang terdapat di dalam mulut.

Mengontrol Diabetes

Kayu manis memiliki kemampuan merendahkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Meminum susu kayu manis setelah makan mengurangi jumlah gula yang masuk setelah makan. Kayu manis bekerja dengan memecah karbo di dalam saluran pencernaan dengan perlahan.

Melindungi Jantung

Keuntungan lainnya dari kayu manis adalah bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Orang-orang dengan tipe diabetes 2 memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung. Mengkonsumsi satu sendok teh kayu manis setiap hari bisa mengurangi risiko tersebut. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan mencampur susu dan kayu manis.

Melawan Infeksi

Kayu manis memiliki kemampuan untuk melawan berbagai bakteri jahat, virus, dan infeksi jamur. Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang membantu melawan berbagai infeksi. Minyak esensial, antimikrobakteri, antivirus, antijamur, dan antibiotik yang terkandung dalam kayu manis membuatnya menjadi rempah yang spesial.

Memperkuat Tulang

Meminum susu kayu manis setiap hari bisa memberi Anda tulang yang lebih kuat dan sehat. Karena susu dan kayu manis memiliki kandungan kalsium yang baik. 100 gram kayu manis mengandung 1,002 mg kalsium dan 100 gram susu memiliki 125 mg kalsium. Kalsium membantu membangun dan mempertahankan tulang kuat, menjaga jantung, otot, dan saraf. Kayu manis bahkan membantu menyerap mineral lain lebih baik.

Melawan Pilek dan Alergi

Minum susu kayu manis hangat membantu kerja tubuh melawan pilek. Minuman ini bisa menghilangkan gejala alergi seperti sakit kepala, bersin-bersin, dan pusing akibat pilek. Selain itu, juga dapat melawan reaksi histamin umum dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan

Kayu manis memiliki antiradang yang membantu penyembuhan radang dalam tubuh. Peradangan adalah faktor risiko besar penyebab kanker, sakit jantung, penurunan kognitif, dan lain-lain. Mengkonsumsi susu kayu manis membantu meringankan rasa sakit karena nyeri otot, nyeri haid, dan gejala nyeri lainnya.

Meningkatkan Kinerja Otak

Alzheimer dan Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang mengarah pada hilangnya fungsi sel-sel otak secara progresif. Kayu manis mengandung dua senyawa yang memberhentikan penyebaran protein yang disebut tau di otak, yang menjadi penyebab dari Alzheimer. Rempah ini juga membantu melindungi neuron dan meningkatkan fungsi motorik yang berkaitan dengan penyakit parkinson.

Beberapa orang bisa alergi jika mengonsumsi kayu manis. Bernapas di dekat kayu manis, memakan atau menyentuh rempah ini bisa menyebabkan gejala alergi seperti bersin ringan, gatal di mulut, hingga muntah. Bila Anda alergi laktosa, maka segelas susu akan menyebabkan reaksi alergi seperti sakit perut dan diare. Rep