Home Daerah Ada Tiga Desa Pengawasan di Pati

Ada Tiga Desa Pengawasan di Pati

373
0
SHARE
Ada Tiga  Desa Pengawasan di Pati

Keterangan Gambar : Dok. Bawaslu Kabupaten Pati

detikOne.com – Jawa Tengah – Belum lama ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati launching tiga Desa Pengawasan yang dipusatkan di Desa Kebolampang, Kecamatan Winong. Dua Desa Pengawas lainnya adalah, Desa Bancak, Kecamatan Gunungwungkal dan Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi dalam sambutanya mengatakan, launching Desa Pengawas Pemilu sebagai tindak lanjut pembinaan kepada warga di tiga Desa tersebut. Setidaknya dengan kegiatan ini akan mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang ada pada saat pelaksanaan Pemilu kedepannya.

"Diawasi saja masih ada pelanggaran apalagi tidak diawasi. Maka kami mengajak partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu mendatang. Saya juga berharap agar kegiatan ini akan menjadi embrio untuk nantinya, supaya pelaksanaan Pemilu mendatang akan lebih baik dan bermartabat," jelasnya.

Camat winong melalui Kasi Trantib Jamil, juga berikan apresiasi kepada Bawaslu Pati atas terpilihnya desa Kebolampang menjadi embrio desa pengawasan di Kabupaten Pati. “Meski kegiatan ini tidak ada kaitanya dengan Pilkades, akan tetapi lebih kepada meningkatkan peran serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan pada Pemilu-pemilu mendatang,” ungkapnya.

Setelah peresmian tiga Desa Pengawas, Bawaslu Pati akan terus berikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga memiliki kesadaran yang murni dalam mengawasi pelanggaran Pemilu.

Acara launching  dihadiri para pimpinan Bawaslu dan jajaran sekretariat kabupaten Pati, Muspika kecamatan Winong, kepala desa ke tiga desa yang menjadi sasaran dan tokoh masyarakat desa setempat.

Pada kesempatan itu  Bawaslu Pati juga  memberikan plakat dan papan nama kepada ketiga kepala desa sebagai pertantanda di canangkanya tiga desa tersebut menjadi embrio  desa pengawasan di Kabupaten Pati. (BWSLU/MUN)