Home Dunia Islam FASI Sebagai Ajang Penanaman Budi Pekerti Luhur Generasi Muda

FASI Sebagai Ajang Penanaman Budi Pekerti Luhur Generasi Muda

67
0
SHARE
FASI Sebagai Ajang Penanaman Budi Pekerti Luhur Generasi Muda

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Pati Saiful Arifin saat berikan sambutan pada acara Festifal Anak Soleh Indonesia (Fasi) yang berlangsung di Ponpes Yanbu'ul Qur'an Desa Sukoharjo, Kecamatan Wedarijaksa Pati, Minggu (08/09). (Dok. Humas Pemkab Pati)

detikOne.com - Jawa Tengah - Ponpes Yanbu'ul Qur'an Desa Sukoharjo, Kecamatan Wedarijaksa Pati berkesempatan menjadi tuan rumah Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke-17, Minggu (08/09). Ajang ini diharapkan bisa menjadi wadah sebagai media untuk menanamkan budi pekerti luhur kepada generasi muda.  Acara ini juga diikuti sebanyak 21 Tama Pendidikan Al-Quran (TPQ) se-Kabupaten Pati,

Saat menghadiri acara tersebut Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini sebagai pengingat bagi anak-anak, tentang Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan sumber ilmu pengetahuan umat Islam.
"Dalam festival ini, tidak hanya mengejar kejuaraannya saja, namun anak-anak diharapkan menjadi lebih gemar membaca, sehingga mudah mendapatkan pengetahuan. Pada akhirnya menjadi pribadi yang lebih islami. Kami bersyukur karena pada kali ini diikuti banyak TPQ," ujarnya saat memberikan arahan.

Selain itu, lanjut Saiful Arifin, dengan adanya festival ini, anak-anak diharapkan menjadi lebih bergairah dalam berkompetisi, berlomba serta meningkatkan ketaatan dari ilmu yang dipelajarinya.
"FASI juga sebagai sarana sosialisasi kepada anak-anak dalam membiasakan diri untuk berkompetisi secara fair dan sportif," terangnya.

Hal ini, imbuh Wabup, tentu saja dapat merangsang mereka untuk berdaya saing di setiap kesempatan.
"Dan yang terpenting bahwa FASI ini juga sebagai ajang mengekspresikan kepribadian anak sebagai anak Indonesia yang solih dan sholihah. Anak Indonesia yang menjadi dambaan orang tua, bangsa dan negara," tegasnya.

Ia pun berpesan pada semua peserta yang hadir agar jangan hanya mengejar kemenangan saja. Melainkan, menjadikan acara ini untuk memperkokoh jaringan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah semua komponen anak bangsa.
"Saya berharap dengan digelarnya acara ini, Kabupaten Pati memiliki basis generasi muda yang berkualitas baik dari segi ilmu pengetahuan serta dari segi iman dan taqwa. Memang sudah seyogyanya anak - anak ini, dilandasi dengan dasar keilmuan dan akhlaq yang baik," tutur Safin.

Sementara itu, Ketua Panitia FASI, Slamet menyampaikan, FASI yang ke-7 ini, diawali dengan kompetisi tingkat kecamatan oleh Badan Koordinasi (Badko) TPQ tingkat kecamatan.
"Hasilnya ialah berkumpulnya para peserta FASI sebanyak 786 anak yang akan berkompetisi memperebutkan juara tingkat Kabupaten yang kemudian juara satunya mengikuti lomba tingkat provinsi," jelas Slamet.

Ada sebanyak 17 cabang lomba, yang diikuti dari tingkat Taman Kanak-Kanak Qur'an (TKQ), Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) dan Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA). "Kami mengucapkan terima kasih pada segenap Ustad dan ustadzah yang telah berpartisipasi aktif mengikuti FASI tingkat Kabupaten Pati," ucapnya. (HP/MUN)