Home Olahraga Lewat Turnamen Antar Klub Persipa Cari Bibit Muda

Lewat Turnamen Antar Klub Persipa Cari Bibit Muda

75
0
SHARE
Lewat Turnamen Antar Klub Persipa Cari Bibit Muda

Keterangan Gambar : Dok. Humas Pemkab Pati

detikOne.com - Jawa Tengah - Kedepan, Persatuan Sepak Bola Pati (Persipa), akan melakukan penjaringan bibit pesepak bola muda lewat turnamen antar klub. Upaya ini kedepan diharapkan, Kabupaten Pati bisa menyumbang atlet sepak bola nasional.

Pada Sabtu (07/09), saat berlangsungnya Program Pembinaan Klub Sepakbola Persipa 2019 di Ruang Joyokusumo Kabupaten Pati. Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan kunci memajukan sepak bola di Kabupaten Pati ini, yang paling utama adalah tidak instan masuk untuk bisa menang. Tuntutan pertandingan memang mengharapkan menang namun juga dibutuhkan pembinaan yang dimulai dengan pembibitan.
"Untuk itu kita kemarin sudah komitmen ke liga 3 berikutnya kita melakukan liga Pati untuk memberikan satu pembinaan kepada insan sepak bola," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan menyelenggarakan liga U-16 untuk usia 15-16 tahun dapat menjadi wadah pencarian bibit-bibit muda. Potensi muda inilah yang akan dipakai untuk tahun 2020 di Piala Suratin. Sedangkan liga U-22 untuk usia 17-22 tahun akan ditambah liga senior sehingga bisa mengikuti ke kompetisi nantinya.
"Liga ini kita persiapkan dengan baik yang penting euforia bola ini kita tumbuhkan. coba yang hobi bola jangan hanya komen aja, mari kita sama-sama memajukan sepak bola di kabupaten Pati supaya hidup," ajaknya.

Ia mengajak para pengurus untuk fokus dalam tim. Safin meminta agar seluruh tim manajemen  tidak saling menyalahkan dan bersatu untuk memajukan sepakbola di Kabupaten Pati.
"Saya berharap ke depan kita bisa menyumbang pemain-pemain nasional dari Kabupaten Pati dan program-program kita bisa menggugah gairah sepakbola Kabupaten Pati bisa tumbuh dengan baik ini tentunya untuk kawan-kawan semua," harap Safin.

Sementara itu Kabid Keolahragaan Dinporapar Pati Kardi mengatakan tujuan kegiatan sebagai sarana pembinaan kompetisi usia muda dan pemanduan bakat pemain lokal sebagai persiapan tim dalam Piala Suratin, di Kabupaten Pati dan memupuk fair play dalam setiap pertandingan sepakbola. "Rencana pelaksanaan kegiatan adalah sistem pertandingan Home and Away dan rencana pelaksanaan pertandingan Minggu Ke II Bulan Oktober-Desember 2019," jelasnya.

Hak dan kewajiban klub adalah patuh kepada regulasi yang ditetapkan dan menyediakan lapangan pertandingan menyediakan Panpel Pertandingan (Home) Panpel selain mempersiapkan pertandingan (home) juga melaporkan kepada operator liga.
"Tiap tim yang bertanding diberikan stimulan Rp.1.200.000,- dengan ketentuan tim tuan rumah membiayai wasit, medis, keamanan dan operasional pertandingan sedangkan tim tamu sebesar Rp.1.000.000,-untuk biaya transportasi dan operasional lainnya," pungkas Kardi.

Turut hadir, Perwakilan Dinporapar, Persipa, dan Askab. (HP/MUN)