Home Dunia Islam Lima Kelebihan Masjid Sunan Ampel Surabaya

Lima Kelebihan Masjid Sunan Ampel Surabaya

109
0
SHARE
Lima Kelebihan Masjid Sunan Ampel Surabaya

Keterangan Gambar : Masjid Sunan Ampel l

Detikone.com - Kompleks Masjid Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur memiliki beberapa kelebihan, salah satunya ada air sumur yang bisa diminum langsung.

Jika berkunjung ke Surabaya jangan lupa menyempatkan mengunjungi Masjid Sunan Ampel. Masjid Sunan Ampel Surabaya adalah masjid tertua di Jawa Timur, didirikan tahun 1420.

Alamat Masjid Sunan Ampel berada di Jalan Petukangan, Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya.

Masjid Sunan Ampel atau diprasasti masjid tertulis Masjid Ampel Denta merupakan pusat keisalaman tertua di Surabaya Jawa Timur.

Masjid ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Surabaya Nomor 188.45/251/402.1.104/1996 tertanggal 26 September 1996.

Di Masjid Sunan Ampel inilah salah satu dari sembilan walisongo, Raden Mohammad Ali Rahmatullah atau biasa disebut Sunan Ampel, menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

Pada usia 20 tahun, Sunan Ampel dipercaya oleh Raja Majapahit yakni Raja Brawijaya untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam.

Inilah kelebihan Masjid Sunan Ampel Surabaya berdasarkan pengamatan dan informasi dari ustaz serta pengunjung kompleks masjid ini.

Ribuan Orang Pengunjung
Masjid Sunan Ampel adalah salah satu masjid yang paling ramai dikunjungi jemaah. Para jemaah atau umat yang berkunjung ke masjid ini tidak hanya berada dari Surabaya, tetapi juga sejumlah kota di luar Jawa Timur bahkan sampai ke mancanegara.

Menurut Ustaz Toyib, sehari-hari berkisa 3.000-5.000 orang yang mengunjungi kompleks Masjid Sunan Ampel Surabaya.

Mereka tidak hanya beribadah di dalam masjid, tetapi juga berziarah ke beberapa makam yang ada di kompleks masjid.

“Pada hari-hari besar atau hari libur, yang berkunjung bisa 10.000 orang per hari,” ujar Ustaz Toyib yang sudah 14 tahun bertugas di kompleks masjid tersebut.

Dibangun Zaman Majapahit
Masjid Sunan Ampel dibangun pada era kekuasaan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Seperti diketahui, Kerajaan Majapahit semula rajanya adalah beragama hindu.

Semula Raden Mohammad Ali Rahmatullah yang kemudian bergelar Sunan Ampel membangun mushala kecil.

Di depan mushala terdapat sumur yang digunakan untuk bersuci serta sebagai sumber kehidupan warga sekitar.

Dalam perkembangannya, mushala Sunan Ampel ini berkembang menjadi besar sehingga sumur itu kini letaknya ada di dalam masjid.

Pembangunan masjid disebut-sebut dilakukan tahun 1421. Tetapi, prasasti yang dipasang di Masjid Sunan Ampel menyebutkan, pembangunan masjid dilakukan sekitar tahun 1420.

Tempat Ziarah Terbesar
Kompleks Masjid Sunan Ampel juga merupakan tempat ziarah terbesar di Surabaya. Ribuan orang mengunjungi atau berziarah dan berdoa di sejumlah makam yang ada di sekitar Masjid Sunan Ampel.

Salah satu tempat yang paling ramai diziarahi oleh masyarakat adalah kompleks Makam Sunan Ampel.

Sejumlah pengunjung secara bergantian masuk ke dalam kompleks makam tersebut. Mereka kemudian membaca Al Quran atau berdoa menghadap ke makam Sunan Ampel.

Di kompleks Makam Sunan Ampel itu terdapat istri Sunan Ampel yakni Nyai Condrowati, putri Kerajaan Majapahit.

Makam Tokoh Besar
Di kompleks Masjid Sunan Ampel terdapat makam tokoh-tokoh besar di Indonesia. Makam utama berada di belakang masjid. Di sinilah Sunan Ampel bersama istri dan anak-anaknya dimakamkam.

Di bagian depan sisi kiri masjid terdapat makam pahlawan Indonesia, KH Mas Mansyur.

Makam KH Mas Mansyur terlihat sangat sederhana. Tidak ada bangunan apa pun di atas makam, kecuali marmer bertuliskan nama KH Mas Mansyur.

Di kompleks masjid ini juga terdapat makam Mbah Soleh, murid Sunan Ampel yang setia merawat masjid ini.

Di kompleks makam Mbah Soleh itu terdapat sejumlah makam –ada yang menyebut 9 makam– dan itu diyakini oleh para peziarah sebagai makam Mbah Soleh semua.

Di dekat komplek makam Sunan Ampel juga terdapat makam Mbah Bolong, murid Sunan Ampel, yang diyakini oleh sebagian peziarah mampu melihat Kabah dari tempat imam masjid ini.

Air Langsung Diminum
Salah satu kelebihan kompleks Masjid Sunan Ampel adalah adanya air tanah yang bisa langsung diminum. Air itu bersumber dari sebuah sumur yang terletak tidak jauh dari makam Sunan Ampel.

Pengunjung atau peziarah ke kompleks Masjid Sunan Ampel banyak yang mengambil air yang sudah ditampung di dalam sejumlah gentong besar.

Bahkan banyak di antaranya yang langsung meminum air tersebut. “Itu air dari sumur yang ada di dekat masjid Mbah Sunan. Bisa langsung diminum,” ujar Ustaz Toyib.

Pengunjung yang enggan disebut namanya mengatakan, air dari sumur di kompleks Masjid Sunan Ampel terasa segar.

“Bismillah. Bisa untuk obat juga. Yang penting berdoa kepada Allah,” kata Ustaz Toyib tentang kasiat air sumur itu.

Sejumlah pengunjung selain mengambil air tersebut menggunakan botol plastik, juga langsung meminum dan juga membasuh muka atau bagian-bagian tertentu menggunakan air itu.  Timj