Home Daerah Nuansa Senja dari Bukit Wairinding di Sumba

Nuansa Senja dari Bukit Wairinding di Sumba

78
0
SHARE
Nuansa Senja dari Bukit Wairinding di Sumba

Keterangan Gambar : Bukit Wairinding.

Detikone.com - Kabupaten Sumba Timur memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi. Salah satu yang sayang dilewatkan ialah Bukit Wairinding. Lokasinya 34,7 kilometer dari pusat kota atau 50 menit waktu berkendara untuk bisa tiba di lokasi.

Bukit Wairinding terletak di Kecamatan Pambotanjara, Kabupaten Sumba Timur. Jalan menuju ke lokasi terbilang mulus dengan suasana perbukitan. Namun, saat malam tiba pengendara wajib waspada, karena hampir tidak ada area penerangan di sisi jalan.

Untuk sampai di atas Bukit Wairinding juga tidak sulit, hanya terdapat puluhan anak tangga yang menyambut wisatawan setibanya mereka di tempat parkir kendaraan. Tidak ada loket masuk, sehingga pengunjung tidak dikenakan biaya untuk menikmati keindahan Bukit Wairinding.

Selain itu, tidak ada musim khusus untuk menikmati keindahan bukit ini, hanya saja paling cocok menjelang matahari terbenam. Karena, dari bukit ini terlihat jelas bagaimana sang surya kembali ke peraduannya, ditemani warna senja yang mencolok dari balik perbukitan.

Saat musim penghujan, rumput-rumput di Bukit Wairinding bakal menghijau memenuhi perbukitan yang ada di situ. Sebaliknya, saat musim kemarau, semuanya menjadi padang savana yang indah.

Meski begitu, baiknya para pengunjung membawa jaket atau baju tebal saat ingin melihat matahari terbenam. Sebab, angin di bukit ini cukup kencang dan dingin.

Keindahan Bukit Wairinding memang tengah tersohor. Wajar, karena banyak spot menarik yang layak dijadikan tempat berfoto. Khususnya, bagi mereka penggila sosial media. Mereka juga bisa menyewa kain tenun atau kuda yang dijajakan warga lokal sebagai properti tambahan untuk berfoto. Harganya pun relatif terjangkau, yakni Rp 50 ribu.

Buat para traveller dari luar Pulau Sumba, menuju Bukit Wairinding bisa diakses dengan penerbangan yang dilayani sejumlah maskapai. Untuk mereka yang dariJakarta, bisa menuju Denpasar atau Kupang terlebih dahulu, sebelum akhirnya melanjutkan penerbangan ke Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Buat kamu yang ingin punya foto keren, namun malas membawa kamera profesional. Kini, Realme 5 dan 5 Pro bisa dijadikan andalan. Kecanggihan quadcam yang mereka miliki, sudah luar biasa menghasilkan gambar Bukit Wairinding. 

Sumb: Merdeka