Home Olahraga Persiapan PON 2020 Dipastikan Terus Berjalan

Persiapan PON 2020 Dipastikan Terus Berjalan

26
0
SHARE
Persiapan PON 2020 Dipastikan Terus Berjalan

Keterangan Gambar : Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali

Detikone.com, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua masih terus berjalan. Kabar tersebut disampaikan setelah pertemuan antara Menpora Zainudin Amali beserta jajaran, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, dan Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1).

Terkait venue, Zainuddin mengatakan untuk venue yang dikerjakan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan selesai pada Maret. Adapun venue yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) selesai pada Juli. Adapun untuk acata pembukaan dan penutupan akan diambil alih oleh pihak yang mengerjakan pembukaan dan penutupan pada ASEAN Games 2018 dan ASEAN Paragames 2018 lalu.

"Jadi mudah-mudahan akan meriah dan sebagus itu. Kita laksanakan di tanah Papua karena kita tidak mau tangung-tanggung," kata Zainuddin di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1).

Terkait keamanan, Zainuddin menegaskan penyelenggaraan PON XX di Papua nanti akan sama seperti di provinsi lain di Indonesia. "Jadi sama saja Anda di Papua, Anda di Surabaya, Makassar maupun Palembang, jadi tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," tegas Zainuddin.

Senada dengan itu, Gubernur Papua sekaligus Ketua PB PON 2020, Lukas Enembe menegaskan tidak perlu ada kekhawatiran untuk penyelenggaraan PON di Papua. Pasalnya, kata dia, jumlah TNI dan Polri yang berjaga pun lebih banyak di Papua dibandingkan provinsi lain. Selain itu, Lukas juga menyebutkan beberapa hal yang ditawarkan pada penyelenggaraan PON kali ini.

Pertama, kata dia, adalah persaudaraan. "Indonesia satu dari Sabang sampai Merauke, kita tunjukan dalam pelaksanaan PON. Kedua, kita ingin orang Indonesia datang ke Papua tanpa perlu kekhawatiran dan ketakutan, di sana aman seperti di provinsi-provinsi lain, jadi wisatawan juga bisa datang ke banyak tempat wisata, Anda silahkan datang ke Papua menikmati keindahan alamnya, budayanya," kata dia.

"Ketiga, ini dalam rangka sukses PON Papua adalah sukses NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," tambah dia.

Sumb: Republika