Home Olahraga Teemu Pukki Bahagia Antar Finlandia Lolos Piala Eropa 2020

Teemu Pukki Bahagia Antar Finlandia Lolos Piala Eropa 2020

26
0
SHARE
Teemu Pukki Bahagia Antar Finlandia Lolos Piala Eropa 2020

Keterangan Gambar : Finlandia Lolos Piala Eropa 2020

Detikone.com, HELSINKI--Penyerang timnas Finlandia, Teemu Pukki tak kuasa menahan kebahagiannya setelah timnya lolos ke Piala Eropa 2020 untuk kali pertama dalam sejarah. Kepastian itu didapat berkat kemenangan 3-0 atas Liechtenstein, di Stadion Telia 5G Arena, Sabtu (16/11). Mereka lolos sebagai runner-up grup J di bawah Italia.

Pukki tak bisa berkata-kata karena terlalu gembira. Dia mengatakan nyaris tak percaya bisa membawa timnas Finlandia lolos ke pesta sepakbola terbesar di Eropa.

"Pasti ada pesta. Kami mengalami saat-saat sukacita. Kami merayakan apa yang telah kami capai," ujar Pukki, usai pertandingan, dilansir dari BBC, Sabtu (16/11).

Dia mengungkapkan, pelatih adalah orang yang layak diapresiasi karena banyak pemain yang sudah bersamanya sejak usia di bawah 21 tahun. Dari dia, pemain mengetahui bagaimana cara bermain sepakbola terbaik.

Kiper Finlandia, Lukas Hradecky menambahkan momen ini bisa dijadikan sebagai tanggal libur nasional. Karena ini adalah impian masyarakat Finlandia yang berhasil diwujudkan.

Topias Kauhala, jurnalis Finlandia, dari Majalah olahraga Elmo menggambarlan suka cita masyarakat Finlandia. Menurut dia, mata mereka berlinar air mata setelah tahu timnya lolos ke Piala Eropa.

"Ini adalah sesuatu yang belum pernah Anda lihat di sepakbola Finlandia sebelumnya. Menangis dengan saat-saat emosional ini. Ini adalah momen sekali seumut hidup," kata Kauhala.

Dia menambahkan Finlandia adalah negara kecil. Masyarakat Finlandia senang menjadi perhatian dunia karena prestasi.

Perdana Menteri Finlandia, Antti Rinne turut mengungkapka kebahagiannya lewat akun twitternya. "Pertunjukan yang luar biasa. Selamat dan terimakasih! Oh Finlandia, Oh Finlandia, Oh Finlandia. Akhirnya berada di Kejuaraan Sepakbola Pria," twit dia.

Sumb: Republika