Home Politik Usai Dilantik, Ma\'ruf Amin Terima Tamu dari Wapres RRC dan Myanmar

Usai Dilantik, Ma\'ruf Amin Terima Tamu dari Wapres RRC dan Myanmar

12
0
SHARE
Usai Dilantik, Ma\

Keterangan Gambar : Pelantikan Jokowi-Maruf

Detikone.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali bertolak ke rumah dinasnya setelah menjalani proses pelantikan di Gedung DPR/MPR. Ma'ruf tiba di kediaman Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat Minggu (20/10), sore sekitar pukul 17.59 WIB.

Pantauan merdeka.com, Ma'ruf tampak dikawal ketat oleh sejumlah pasukan pengaman presiden (paspampres) dan langsung memasuki rumah dinasnya. Berdasarkan informasi yang diterima, Ma'ruf tidak berlama-lama berada dikediamannya.

Rencananya, Ma'ruf akan kembali ke Istana Wakil Presiden, di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta untuk menerima sejumlah tamu kehormatan di antaranya Wakil Presiden RRC Wang Qishan, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh, dan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio.

Seperti diketahui, sebelumnya Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR. Di bawah Alquran dan di hadapan tamu undangan serta ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucap sumpah jabatan.

Jokowi lebih dulu memulai pengambilan sumpah. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," ujar Jokowi.

Dilanjutkan pengambilan sumpah Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Setelah keduanya mengucapkan sumpah jabatan, mereka menandatangani berita acara pelantikan. Disusul penandatanganan yang dilakukan pimpinan MPR.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Dengan begitu mulai saat ini, Ir Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk masa jabatan 2019-2024," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo. 

Sumb: Merdeka