Home Metropolitan Kendalikan Banjir di Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta Siapkan 13 Hektar Tanah

Kendalikan Banjir di Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta Siapkan 13 Hektar Tanah

62
0
SHARE
Kendalikan Banjir di Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta Siapkan 13 Hektar Tanah

Keterangan Gambar : Gedung Balai Kota DKI Jakarta.  

Detikone.com - Asisten Pembangunan dan Lingkungan DKI Jakarta Yusmada Faizal menyebut Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan lahan sebesar 13 hektare tanah guna mendukung proyek pengendalian banjir oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC).

Yusmada mengatakan, telah melaporkan sekitar 250 bidang tanah di aliran Sungai Ciliwung itu ke BBWSCC. Sejumlah tanah tersebut terletak di Balekambang Cililitan Cawang, Kampung Melayu, Tanjung Barat Pejaten Timur, dan Bukit Duri.

"Saya laporkan ke Kepala BBWSCC sehubungan dengan pengadaan tanah normalisasi Cilliwung. Dengan ini saya sampaikan data realisasi pengadaan tanah sebagai berikut," katanya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (9/4).

Pengadaan lahan itu, Yusmada menyebut sebagai bentuk dukungan Pemprov DKI Jakarta kepada program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya nanti masih perlu dibahas secara lebih lanjut.

"Bentuknya nanti setelah pelebaran itu kita diskusi kan. Kami Minggu depan pertemuan dengan BBWSCC," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air (SDA) Secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi.

Regulasi itu memandatkan Dinas Sumber Daya Air untuk menjalankan konsep naturalisasi sungai dengan membangun ruang terbuka hijau (RTH) dan menentukan batas garis sempadan sungai. Rep