Home Olahraga MotoGP Amerika Usai, Dua Kandidat Juara Mulai Tersingkir

MotoGP Amerika Usai, Dua Kandidat Juara Mulai Tersingkir

61
0
SHARE
MotoGP Amerika Usai, Dua Kandidat Juara Mulai Tersingkir

Keterangan Gambar : Jorge Lorenzo  

Detikone.com -- Persaingan gelar juara dunia MotoGP 2019 mulai terbentuk usai balapan MotoGPAmerika Serikat 2019 di Sirkuit Americas, Austin, Senin (15/4) dini hari WIB.

Usai balapan MotoGP Amerika, perubahan signifikan terjadi di klasemen MotoGP 2019. Andrea Dovizioso berhasil memuncaki klasemen, disusul Valentino Rossi yang finis kedua di Austin, dan Alex Rins yang memenangi balapan berada di posisi ketiga.

Marc Marquez yang sempat memuncaki klasemen harus turun ke posisi empat setelah gagal finis di MotoGP Amerika. Jarak sembilan poin antara Dovizioso hingga Marquez membuat persaingan gelar juara dunia MotoGP 2019 mulai mengerucut ke empat pebalap.

Menariknya dua pebalap yang sebelumnya menjadi kandidat juara justru terpuruk hingga MotoGP Amerika berakhir, mereka adalah Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo. Kedua pebalap terancam tersisih dari persaingan gelar juara MotoGP 2019.

Rekan Valentino Rossi di Yamaha tersebut saat ini ada di posisi ke-12 klasemen sementara MotoGP 2019 dengan baru mengoleksi 14 poin. Tak satu pun podium diraih Vinales dalam tiga seri yang sudah dilewati.

Pada MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit the Americas, Vinales harus puas berada di peringkat ke-11. Kontras sekali dengan Rossi, The Doctor yang sudah 40 tahun malah meraih posisi runner-up.
Dengan demikian, Rossi sudah dua kali meraih podium kedua dalam tiga seri. The Doctor pun saat ini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara dengan mengantongi 51 poin.

Di posisi ketiga ditempati Alex Rins yang mengantongi 49 poin. Pebalap Suzuki itu merangsek dari peringkat keempat.

Sebaliknya, Marquez melorot dari peringkat pertama ke posisi keempat lantaran gagal finis di Austin. The Baby Alien terjatuh pada tikungan 12 di sisa 12 lap lagi.

Nasib lebih sial dialami Lorenzo. Rekan Marquez tersebut berada di peringkat 17 klasemen sementara dengan mengantongi tujuh poin saja.

Di MotoGP Amerika Serikat, Lorenzo juga gagal finis. Ia memilih menepi dari lintasan lantaran mengalami masalah teknis pada motor tunggangannya.

Pindah dari Ducati ke Honda, Lorenzo kembali harus berjuang keras untuk beradaptasi dengan tim yang baru diperkuatnya musim ini. CInd